Rumus Cara Menghitung Debit Air

Rumus Cara Menghitung Debit Air

Untuk memeperdalam pemahaman anda mengenai debit air, perhatikan contoh berikut:

Sebuah kolam diisi dengan air menggunaskan sebuah pipa yang debitnya adalah 0,5 l/detik. Artinya, di dalam waktu 1 detik jumlah volume air yang mengalir dari pipa tersebut adalah 0.5 liter.

Debit air yang mengalir melalui pintu air manggarai adalah 50m3/detik. Artinya, di dalam waktu 1 detik volume air yang melalui pintu air manggarai adalah 50m3.


Debit air adalah banyaknya volume zat cair yang mengalir pada tiap satu satuan waktu, biasanya dinyatakan dalam satuan liter/detik atau dalam satuan meter kubik (m3) per detik.

Rumus menghitung debit air






Contoh Soal Debit dan Volume - Soal matematika mengenai debit biasanya membahas mengenai volume benda cair dan waktu. Sebelum mengerjakan soal-soal di dalam artikel ini sebaiknya kalian membaca penjelasan rumus matematika dasar tentang Rumus Cara Menghitung Debit Air. Jika kalian sudah memahami rumusnya, silahkan gunakan contoh-contoh soal di bawah ini untuk berlatih agar kalian bisa lebih memahami rumus untuk mencari debit dan volume air .



Contoh Soal-Soal Latihan SD Mengenai Debit dan Volume

Soal 1

Bak mandi di rumah Amir memiliki volume 2400 liter. Untuk mengisi bak mandi tersebut dengan air sampai penuh, dibutuhkan waktu 30 menit. maka, berapakah besar debit air yang keluar dari kran bak mandi tersebut?

a. 60 liter/menit
b. 80 liter/menit
c. 50 liter/menit
d. 70 liter/menit

Soal 2

Diketahui sebuah kolam renang memiliki volume 3,6 m3. apabila kolam renang tersebut diisi dengan menggunakan selang yang memiliki debit air 12 liter/detik, berapa lamakah waktu yang dibutuhkan untuk mengisi kolam tersebut dari kosong sampai penuh?

a. 4 menit
b. 3 menit
c. 6 menit
d. 5 menit

Soal 3

Pak Sulaeman sedang mengisi sebuah drum dengan minyak tananh yang dialirkan dari truk tangki. setelah menunggu selama 5 menit akhirnya drum tersebut terisi penuh. diketahui debit air yang mengalir pada selang minyak tanah adalah 5 liter/detik. lalu, berapakah jumah volume minyak tananh yang ada di dalam drum milik pak Sulaeman?

a. 150 liter
b. 15000 liter
c. 1500 liter
d. 15 liter

Soal 4

Dalam waktu 30 menit sebuah keran mampu mengalirkan air sebanyak 1500 m3. hitunglah berapa debit air yang keluar melalui keran tersebut!

a.25 m3/menit
b.10 m3/menit
c.5 m3/menit
d.50 m3/menit

Soal 5

Bang Jono sedang menguras kolam renang dengan menggunakan pompa air. diketahui bahwa kolam tersebut menampung air sebanyak 7200 liter. setelah 25 menit, akhirnya air di dalam kolam renang tersebut habis. maka, debit pompa air yang digunakan bang jono adalah ..... liter/detik

a. 2,4 liter/detik
b. 9,6 liter/detik
c. 4,8 liter/detik
d. 1,2 liter/detik

Soal 6

Sebuah ember besar dapat menampung air sebanyak 570 m3. setelah dikuras selama 10 menit, air di dalam ember tersebut tersisa sebanyak 420 m3. berapakah debit berkurangnya air dari ember tersebut?
a. 0,5 m3/detik
b. 1,25 m3/detik
c. 0,75 m3/detik
d. 0,25 m3/detik

Soal 7

Amir mengisi ember dari sebuah keran. apabila debit air yang keluar dari keran tersebut adalah 2 dm3/detik, maka berapakah jumlah air yang diperoleh amir setelah mengisi ember selama 2 menit?

a. 2400
b. 24
c. 24000
d. 240

Soal 8

Pak Ahmad memiliki sebuah tangki berisi bensin sebanyak 2500 liter. lalu pak Ahmad mengalirkan bensin dari tangki itu dengan menggunakan selang ke dalam 5 buah drum. setelah 20 menit, bensin yang tersisa di dalam tangki adalah 1300 liter. debit bensin yang keluar dari tangki tersebut adalah...

a. 3
b. 2
c. 4
d. 1

Semoga sekarang kalian lebih mahir dalam menjawab soal-soal SD mengenai debit dan volume. Pada artikel selanjutnya saya akan memberikan contoh soal matematika yang lain.

Sumber : www.rumusmatematikadasar.com


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumus Cara Menghitung Debit Air"

Posting Komentar